Jumat, 23 Oktober 2020

RAHASIA SUKSES MENULIS ARTIKEL DI KORAN DAN MAJALAH



Pengalaman adalah guru yang terbaik, belajar dari pengalaman orang yang sudah sukses atau berhasil adalah langkah awal kita meraih kesuksesan.

pelatihan menulis bersama Omjay yang ke 9 ( sembilan ) malam ini, menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman dibidang menulis artikel, tulisan–tulisan beliau sudah di muat di koran dan majalah lokal maupun nasional, Bapak Encon Rahman selaku Narasumber malam ini berbagi pengalaman sebagai seorang penulis artikel sukses, yang dimoderatori Ibu Fatimah.

Profil Singkat Encon Rahman

Bapak Haji Encon Rahman sering juga dipanggil Kang Encon seorang penulis artikel dari bandung, memiliki prestasi sebagai guru berprestasi tingkat nasional sebagai juara 1 dan penerima penghargaan Internasional dari Thailand perwakilan bangsa Indonesia pada tahun 2017. lebih dari 500 artikel yang sudah beliau tulis dan dimuat di koran lokal maupun nasional. Dan saat ini aktif melakukan Bimtek untuk para penulis untuk menembus surat kabar.

Awal mula Kang Encon menulis

Awal mula Kang Encon terjun kedunia tulis menulis khususnya koran dan majalah, ini diawali kesenangan beliau membaca koran sewaktu beliau masih bersekolah di jenjang SMP, setiap melihat koran dan majalah kang Encon akan membacanya, awalnya Kang Encon berpikiran menulis di koran itu sangat mudah, namun pada awal – awalnya Kang Encon belum berani mencoba membuat sebuah tulisan karena tidak tau caranya dan tidak punya ilmunya.

Pada masa SMP Kang encon sangat aktif menulis di majalah dinding sekolah, pada masa itu Kang Encon belum begitu faham bagaimana mengirim tulisan ke koran atau majalah karena minimnya pengetahuan tentang menulis pada masa beliau masih SMP, namun pada saat beliau memulai pendidikan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) di Majalengka yang saat ini setingkat SMA/SMK, pada masa itu kang Encon sudah mendapatkan pengetahuan tentang tulisan–tulisan yang dimuat di koran dan majalah, disinilah beliau mulai belajar teknik–teknik menulis. Awalnya beliau hanya menulis untuk dimuat di majalah dinding sekolah beraneka ragam tulisan yang ditulis beliau ada artikel, cerpen yang tulisan tersebut sangat di apresiasi teman–teman sekolah beliau.

Begitu seringnya Kang Encon menulis di majalah dinding hal ini menarik perhatian guru beliau Pak Entis namanya, Guru beliau inilah yang menyuntikkan semangat motivasi dan memberi petunjuk agar Kang Encon mengirimkan tulisan–tulisannya ke koran dan majalah. Tabloid Mitra Desa, salah satu bagian dari surat kabar Pikiran Rakyat Bandung. disinilah awal mula Kang Encon mengirimkan tulisannya, dimulai tulisan sederhana seperti sajak, humor, kartun dan lainnya. Dan tulisan–tulisan tersebut selalu di muat di tabloid tersebut.

Tulisan Kang Encon yang dimuat di Tabloid Mitra Desa disinilah beliau pertama kali memperoleh honor sebagai seorang penulis, dan menambah semangat beliau untuk terus menulis dikarenakan selain mendapatkan honor yang dikirim melalui wesel pada masa itu dengan nilai yang lumayan Kepuasan Bathin dan rasa bangga itulah hal yang tak ternilai bagi Kang Encon.

Berbagai tulisan kang Encon yang dimuat dikoran, beliau kliping dan simpan sampai saat ini masih terjaga dan tetap ada, sungguh luar biasa ternyata keseriusan dan penghargaan terhadap sebuah karya patut kita contoh dari kepribadian Kang Encon.

Perjalanan Kang Encon menulis di koran melalui proses yang panjang, memulai dari koran desa dan melewati waktu yang panjang dan betul–betul matang barulah Kang Encon mencoba mengirim tulisannya ke Harian Umum Pikiran Rakyat Koran terbesar masa itu dibandung. Dan sampai saat ini tulisan beliau selalu dimuat di koran–koran nasional.

Dalam perjalanan panjang Kang Encon bergelut di dunia tulis menulis yang berhasil menembus surat kabar, beliau berpesan kepada penulis pemula sebaiknya kita tidak langsung terburu–buru untuk menembus koran tingkat nasional, tetapi mulailah dari koran kecil atau lokal, untuk mengambil pembelajaran dan pengalaman terlebih dahulu. Jika sudah betul betul matang barulah mencoba ke koran tingkat yang lebih tinggi.

Dalam dunia pendidikan Kang Encon sedikit kurang beruntung karena tidak berhasil menembus perguruan tinggi negeri, beliau mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (Sipenmaru),yang gagal pada masa itu, padahal beliau berangkat ke bandung dari hasil honor beliau menulis koran yang beliau kumpulkan.

Setelah gagal menembus perguruan tinggi negeri, Semangat Kang Encon untuk melanjutkan pendidikan tidak berhenti Kang Encon melanjutkan kuliah di universitas swasta dengan mengambil jurusan Bahasa Indonesia, hal yang mendasari Kang Encon melanjutkan pendidikan karena mendengar nasehat teman beliau yang mengatakan tidak ada artinya tulisan kita selalu dimuat di surat kabar jika tidak di imbangi dengan pendidikan karena semua itu tidak akan ada artinya.

Suatu pelajaran bagi kita penulis pemula ternyata apa yang dialami Kang Encon sebagai seorang penulis terkenal pada masa itu, beliau tetap berniat melanjutkan pendidikan padahal jikalaupun beliau tidak melanjutkan pendidikan penghasilan beliau sangat besar dan setara dengan orang memiliki gelar Sarjana pada masa itu. Ternyata Kang Encon menyadari Pendidikan itu akan mengangkat derajat seseorang. Dan dengan kuliahnya Kang Encon di jurusan bahasa menjadikan beliau lebih baik prestasinya. Dan kualitas menulisnya semakin meningkat.

Dan pelajaran selanjutnya yang diberikan Kang Encon ternyata menulis itu bisa menjadikan beliau seorang sarjana, artinya bermodalkan menulis, honor beliau mampu menyelesaikan kebutuhan dana selama beliau menempuh pendidikan di Universitas Pasundan.ternyata keseriusan dan ketekunan untuk terus belajar ternyata bisa menghantarkan Kang Encon memperoleh pundi – pundi uang. Pelajaran berharga yang diberikan Kang Encon malam ini.

Tips tulisan menembus surat kabar dari kang Encon

1.       Pantang menyerah

Tips ini yang berulang ulang disampaikan kang Encon, pantang menyerah walaupun tulisan kita tidak dimuat jangan karena hal ini kita jatuh mental dan berhenti menulis, lebih baik  kita mengevaluasi diri kenapa tulisan kita tidak dimuat kemungkinan tulisan kita judulnya tidak sesuai harapan redaksi, tema kita tidak menarik minat pembaca, atau ide tulisan kita sudah ditulis oleh orang lain.

2.       Sering Membaca koran dan ikut perkembangan

Dengan mengikuti perkembangan terkini, apa yang sedang di bicarakan publik, sisi lain dari hal tersebutlah yang bisa kita jadikan tulisan yang menarik.

3.       Mulai dari koran lokal

Untuk penulis pemula sebaiknya memulai tulisan dari koran – koran lokal, jika sudah terbiasa dan sudah sering dimuat barulah mencoba untuk bersaing ke tingkat yang lebih tinggi.

4.       Istiqomah Menulis

Teruslah menulis setiap hari, dan kirim tulisan yang kita kirim jangan hanya sekali tetapi sesering mungkin, sehingga nantinya salah satu dari tulisan kita akan dimuat oleh koran tersebut

5.       Jangan bosan terus mencoba

Menulis dan kirim ke surat kabar, ini tips kang Encon yang paling menarik menurut saya karena sekalipun tulisan kita tidak dimuat terus kirim jangan bosan karena dari sekian banyak yang kita kirim pasti akan ada yang tembus diantaranya.

 

Dari berbagai tips yang disampaikan Kang Encon diatas tadi, sebaiknya juga kita rajin membaca koran dan membuat kliping koran. Karena setiap tahunnya peringatan peringatan yang sama akan terus dilakukan dan setiap bulannya pasti ada tema yang dibahas yang selalu muncul setiap tahunnya secara terus menerus. Misalnya seperti 17 agustus peringatan kemerdekaan Indonesia, setiap bulan agustus ini akan menjadi trending topik, Inilah yang kita baca kita pelajari dari berbagai koran sehingga menjadi satu sudut pandang menurut tulisan kita nantinya.

 

Banyak ilmu yang dibagi Kang Encon malam ini, terkhusus kepada saya pribadi ternyata menulis di koran banyak manfaatnya untuk menunjang jenjang karir seorang PNS seperti saya, ada tiga hal keuntungan yang Kang Encon sampaikan jika tulisan kita dimuat di koran diantaranya :

1.       Dapat honorarium atau menambah pendapatan kita.

2.       Kliping tulisan kita yang dimuat bisa menambah angka kredit, saat kita mengusulkan kenaikan pangkat PNS.

3.       Dan jika artikel kita sudah terkumpul dan menjadi buku hal ini juga bisa menjadi angka kredit.

 

Mudah mudahan setelah pelatihan ini saya pribadi lebih memahami proses teknik teknik dasar dalam menulis agar tulisan yang saya buat bisa dimuat di koran, dengan ketekunan dan memahami pola – pola penulisan yang di muat di surat kabar bukan mustahil nantinya tulisan saya kedepannya sudah dimuat di surat kabar...amin.

 

Terima kasih kepada Narasumber Pak Encon Rahman, ibu Fatimah sebagai moderator, terkhusus ke Omjay Inisiator kegiatan ini, pelatihan yang bermanfaat sebagai cikal bakal penulis hebat...  

 

  

Salam hormat saya


Budi Idris Dalimunthe S.Pd
Guru SMA Negeri 2 Kotapinang
Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara

 

27 komentar:

  1. Mantul resumenya jos... Jangan kasih kendor

    BalasHapus
  2. Luar biasa pak... Resume jadi dlm semalam, sukses selalu.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Resume yang lengkap, paling awal lagi, super keren, semoga saya bisa mengikutinya

    BalasHapus
  5. Bagus sekali,,, ada yg perlu diperhatikan penulisan tanda baca spt titik, koma,, tapi sudah super p idris,,, salam sukses

    BalasHapus
  6. Ohhh, ternyata begini resume yang cepat selesai! Wuih, memang cepat dan hasilnya bermanfaat bagi yang membacanya. Sip, Pak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih pak, kalimat awal ketua ada keraguan ini he. Kedepannya siap diperbaiki lagi

      Hapus
  7. Hebat pak Budi, tapi ada hurup yang perlu dirubah ya, di bandung seharusnya di Bandung, lainnya cukup ok

    BalasHapus
  8. Saya suka baca isinya. Mengalir dan teratur idenya. Pokoknya kenyamanan membaca paparan nya 👍 untuk penulisan sda terwakili sama temen yang lain. Sukses ya🙏

    BalasHapus
  9. mantap Pak Budi. hebat dan salutttttttt.....
    yukkkk berkunjung....yukkkk

    BalasHapus
  10. Tulisan yang renyah. Salam guru blogger

    BalasHapus
  11. Wah hebaat gercep menulis resumenya dan lengkap lagi... semanagat terus ya...

    BalasHapus
  12. Lengkap tulisannya pak, hebat ....

    BalasHapus
  13. Resumenya bagus....openingnya saya suka.....nggiringnya ke inti pembicaraan luar biasa..mksh sdh jd inspirasi buat sy

    BalasHapus
  14. Bisa gercep, dan mengalirkan kata dalam sebuah tulisan m, berasa sesuatu. Maju terus

    BalasHapus
  15. mantap resumenya pak. lengkap

    BalasHapus
  16. Resumenya semakin lengkap hari ke hari. Semangat terus pak

    BalasHapus
  17. Terlepas dari beberapa kesalahan penulisan yang minor, resume ini keren. Rangkaian kata mengalir sehingga Enak dibaca sampai tuntas. Tabik.

    BalasHapus