Rabu, 28 Oktober 2020

GURU HEBAT, PENGUSAHA SUKSES " BETTI RISNALENNI"

 


"Guru Hebat, Guru Sejahtera Tanpa Korupsi Bisa Kaya"



Mau sukses jadi pengusaha jadilah seorang guru. Hebatnya profesi menjadi seorang guru. Banyak pengusaha sukses saat ini berawal dari seorang guru. Mengikuti pelatihan menulis malam ini. Diluar dari kebiasaan Narasumber yang dihadirkan. Pelatihan menulis bersama Omjay biasanya menghadirkan narasumber yang kompeten dibidang tulis menulis. Malam ini Narasumber Ibu Betti Risnalenni seorang guru sekaligus pengusaha sukses.

Hari ini 28 oktober 2020. Sungguh hari spesial bagi bangsa Indonesia puluhan tahun yang lalu ditanggal yang sama momen persatuan bangsa di ikat melalui deklarasi Sumpah Pemuda. Dan tanggal ini juga sangat spesial buat Omjay karena bertepatan dengan hari lahir beliau. Panjang umur Omjay sehat selalu dan terus berkarya untuk kebaikan literasi Indonesia.

Semangat sumpah pemuda hari ini penuh dengan berkah bagi guru-guru Indonesia yang tergabung didalam Pelatihan menulis yang diprakarsai Omjay. Tadi siang Omjay dan bersama beberapa guru Hebat Indonesia mengadakan Seminar Nasional Blogger PGRI, mengangkat tema membuat Pelajaran Jarak Jauh tidak lagi membosankan. Di ikuti 3000 lebih peserta dari seluruh Indonesia, pelatihan yang dilakukan secara Online melalui media zoom berjalan sukses dan luar biasa.

Selang beberapa jam Omjay melanjutkan membuka pelatihan menulis yang saya ikuti malam ini. Dengan memperkenalkan Narasumber Ibu Betti Risnalenni Omjay membuka pelatihan malam ini. Gerak Cepat Ibu Aam Nurhasanah sebagai Moderator mendampingi Narasumber 2 jam lamanya dalam menyampaikan materi.

Semangat sumpah pemuda memang hadir hari ini. Menatap layar Laptop siang hari, menyimak dan mendengar pelatihan. Dengan mata yang masih sedikit panas berlanjut memperhatikan pesan WhatsApp mengambil ilmu dari Narasumber, Pelatihan Menulis Malam ini.

Profil Singkat Ibu Betti Risnalenni

Ibu Betti Risnalenni guru SD Insan Kamil Bekasi, awalnya membuka kursus aritmatika pada tahun 1996 dan menulis buku tentang aritmatika. Buku tersebut di jual sendiri oleh beliau dengan mengadakan pelatihan-pelatihan. Pada tahun 1998 beliau sudah memiliki 24 cabang kursus di daerah bekasi. Sungguh naluri bisnis yang luar biasa.

Ibu guru hebat ini juga pernah menjadi Guru menteri Pendidikan Indonesia saat ini Bapak Nadiem Makarim. Pernah mengajar anak didik yang sukses menjadi menteri Pendidikan. Suatu hal yang membanggakan dan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa.  

Dengan kerja keras dan fokus pada tahun 2003 Ibu Betti Risnalenni mendirikan sekolah TK dan TPQ. Dan tahun 2004 berlanjut mendirikan Sekolah Dasar. Walau bukan sebuah usaha, namun sekolah yang didirikan bu Betti ternyata mampu juga mendatangkan profit kepada dirinya. Dan seluruh sekolah yang didirikan bu Betti Risnalenni masih terus aktif sampai saat ini.

Awal Mula Bu Betti Buka Usaha

Seiring bertambahnya Usia bu Betti juga mulai mengurangi kegiatan beliau disekolah. Dan memulai membuka usaha jualan di samping rumahnya. Usaha yang di rintis oleh beliau, ternyata di masa pendemi ini mendapat ujian yang begitu berat. Terjadi penurunan pendapatan dalam usaha yang beliau rintis. Awal mula yang berat dan ujian yang jika tidak bermental pengusaha mungkin tidak kuat menghadapinya.

Dengan keuletan dan semangat yang tak kenal lelah, bu Betti mengikuti pelatihan UMKM yang dilaksanakan pemerintah kota Bekasi. Dimana pemerintah kota Bekasi memang sangat peduli terhadap perkembangan UMKM. Hasil dari berbagai kegiatan pelatihan yang di Ikuti Bu Betti akhirnya Produk yang dia miliki Mendapat Ijin PIRT dan sertifikat halal. Hal inilah yang menjadi titik bangkit dan motivasi bagi beliau untuk terus bergelut menjadi seorang pengusaha.



Keberhasilan bu Betti menjadi pengusaha, terus beliau kembangkan dengan terus mengikuti berbagai pelatihan sampai ke Jepang khususnya pelatihan tentang Boga atau makanan.

Intisari Pelatihan malam ini

Bu Betti salah satu guru yang sukses jadi pengusaha. Jika kita melihat profil dan sejarah tokoh hebat asal Tiongkok Jack Ma. Seorang pengusaha sukses. Pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Miliader dunia sekaligus orang terkaya di China saat ini awalnya adalah seorang guru Bahasa Inggris.

Jack Ma mengatakan keterampilan istimewa seorang guru adalah mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bakat. Setiap menjadi pembicara Jack Ma mengatakan tidak pernah mengerti apa itu marketing, teknologi, mengurus keuangan namun latar belakang seorang guru apa yang menjadi kesulitan tadi mampu ia atasi. Saat ini Alibaba group adalah perusahaan terbesar di dunia dan pelopor bisnis online yang lagi tren dan gaya hidup saat ini. Pendirinya adalah seorang Guru.

Apa yang dilakukan Bu Betti seharusnya menjadi contoh bagi kita. Sebagai seorang guru harus mempunyai jiwa pengusaha. Saat ini penghasilan seorang guru di Negara kita ini memang sudah lumayan. Dengan adanya sertifikasi keadaan keuangan seorang guru agak terbantu. Namun negara tidak bisa menjamin keseluruhan guru di Negeri ini  mampu untuk diberikan sertifikasi sekaligus.

Hal ini bisa memunculkan kesenjangan antara guru sudah sertifikasi dan guru yang belum sertifikasi. Ditambah lagi guru PNS dan Non PNS hal inilah yang selalu menjadi polemik di negeri ini. Dengan harapan Meningkatkan kualitas pendidikan dengan keterbatasan pendapatan sangat mustahil rasanya.

Membagi waktu dengan baik antara mengajar dan buka usaha. Menjadi jawaban keluh kesah guru selama ini. Jika kita membuka usaha mungkin tambahan penghasilan. akan jauh lebih besar dari apa yang kita dapat dari mengajar. Jika seluruh guru di Indonesia adalah pengusaha. Mungkin pendidikan di Negara ini akan jauh lebih baik.

Hal inilah yang mendorong saya, beberapa bulan yang lalu membuka usaha kecil-kecilan dengan hasil yang lebih besar dari gaji bulanan saya. Dibantu Isteri tercinta membuka usaha kuliner jenis minuman saya mencoba menjadi seorang pengusaha yang sehari-hari adalah seorang guru. Dan Alhamdulillah saat ini usaha tersebut terus berjalan.



Saat ini penghasilan seorang guru sangat mengkhawatirkan, tidak mengikuti kenaikan harga berbagai kebutuhan hidup. Terkadang gaji diterima di awal bulan belum habis bulan gaji tersebut sudah habis. Bagaimana bisa menyampaikan materi dengan tenang kepada anak didik jika perasaan was-was menyelimuti seorang guru. Pulang kerumah membawa beban pikiran uang beli beras dan susu anak dapat dari mana.

Memang bersyukur adalah suatu keharusan setiap ummat manusia. Namun di era profesional saat ini, tidak adil rasanya profesi yang memanusiakan manusia ini kurang begitu di hargai. Bahkan terus di rendahkan. Apalagi dimasa pendemi seperti saat ini. Mungkin cibiran adalah sebuah hal yang biasa diterima guru, ungkapan guru makan gaji buta pasti seluruh rekan-rekan pasti mendengar. Guru tidak mengajar tapi dapat gaji. Padahal jika mereka tau sulitnya saat ini, bagaimana kita menyiapkan materi yang butuh perjuangan ditambah lagi terus belajar teknologi agar materi tersampaikan. Butuh pengorbanan lahir dan bathin.

Kesimpulan dan Penutup

Keuletan, kerja keras, dan pantang menyerah menjadi syarat kunci keberhasilan yang dibagikan Bu Betti malam ini. Kemampuan mengkolaborasikan mengajar dan berusaha akan mendatangkan pendapatan yang luar biasa. Guru hebat guru sejahtera tanpa korupsi bisa kaya.

Mudahan-mudahan pelatihan malam ini menjadi awal perubahan pola pikir kita sebagai guru. Ilmu yang dibagikan Ibu Betti Risnalenni mampu kita aplikasikan. dan kedepannya guru-guru Indonesia Khususnya guru yang mengikuti pelatihan malam ini. Menjadi guru yang profesional dan sejahtera.

Terima kasih kepada Narasumber Ibu Betti Risnalenni, Ibu Moderator Bu Aam Nurhasanah serta sang Inspirator Bapak Wijaya Kusuma.  

 

Salam hormat saya

 

Budi Idris Dalimunthe S.Pd

Guru SMA Negeri 2 Kotapinang

Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara

17 komentar:

  1. Resume yang sangat lengkap dan tertata rapi.Salam literasi pak Budi

    BalasHapus
  2. Mantap Pak Budi.
    Rwsume.sudah selesai

    BalasHapus
  3. Enak di baca pak, lengkap,renyah ..

    BalasHapus
  4. Mantaap, pak Budi juga guru yg sudah memiliki jiwa enterpreneur

    BalasHapus
  5. Sudah kelihatan ada perubahannya.. semakin baik. Semangat pak Budi.

    BalasHapus
  6. cantic resumenya layak dibuku kan mantaaap

    BalasHapus
  7. Keren sekali resume narsum digabung pengalaman pribadi hasilnya joss

    BalasHapus
  8. Resume lengkap dan ada juga gambaran tentang guru saat ini, sehingga resume juga dikembangkan dengan pengalaman penulis sebagai guru. keren

    BalasHapus
  9. bagus pak...
    itu ada foto pak Ahsan juga ya...

    BalasHapus
  10. Ah ngga bisa komen, keren pokoknya. Lanjutkan pak

    BalasHapus
  11. P Budi bisa mengelaborasikan sosok b Betti dgn Jack Ma kemudian dengan pengalaman pribadinya. Mantap sukses buat bisnis p Budi

    BalasHapus
  12. Bagus pak resumenya, bisa kemas dengan cerita pribadi

    BalasHapus
  13. Menarik pak, semakin bagus saja

    BalasHapus
  14. Keren 👍 saya suka. Nampaknya sda lebih mahir merangkai kata. Saya juga pemula murni di grup ini. Boleh saya komen tentang penulisan kata di rintis? Kayak nya disambung ya penulisanya? Maaf moga tdk keliru saya 👋

    BalasHapus

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

  BUDI IDRIS S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara Jurnal Refleksi Dwi tayangan Modul ...