Kamis, 19 November 2020

Hikmah Kehidupan

Angin Dalam Kehidupan

Gambar ban mobil


Duduk santai didepan rumah melihat berbagai kendaraan yang melintas mengurangi kejenuhan dan rasa lelah menjalani aktifitas seharian.

Saat menatap kejalan yang ramai penuh kendaraan. Terfokus mata ini kesatu titik pada kendaraan berbentuk lingkaran berwarna hitam. Ada empat untuk sebuah mobil dan ada dua untuk sepeda motor

Ban mobil, salah satu elemen penting dalam setiap kendaraan. Tanpa adanya ban mobil tentu sulit bahkan tidak bisa berjalan.

Ban akan berfungsi jika angin di isi kedalamnya dengan ukuran yang tepat. Jika ukuran anginnya tidak sesuai maka akan tidak nyaman ban tersebut digunakan.

Apabila angin berlebihan juga tidak baik, bisa menyebabkan terjadinya sesuatu yang berbahaya. Dalam keadaan tertentu bisa meledak dan menyebabkan kecelakaan kendaraan tersebut.

Pecah ban menyebabkan kecelakaan

Jadi mengatur tekanan angin menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Rajin memperhatikan kondisi angin ban akan mencegah kita kecelakaan. 

Terkadang juga angin didalam ban kurang,  bisa menyebabkan kita sulit memacu kendaraan apalagi angin pada ban bocor, ini juga membuat kita menjadi kesusahan mendorong kendaraan kita sampai menemukan tambal ban.

Angin juga menjadi sesuatu hal yang dibutuhkan manusia. Didalam tubuh manusia. Dalam bernafas angin berpadu dengan oksigen masuk kedalam tubuh manusia.

Gambar : seseorang melatih pernafasan

Kita sebagai manusia sangat membutuhkan angin dalam tubuh kita. Untuk membantu proses alamiah kehidupan kita. Angin didalam tubuh harus sesuai takarannya tidak boleh lebih apalagi kurang.

Jika kelebihan angin didalam tubuh bisa menyebabkan suatu hal yang berbahaya. Masuk angin istilah yang digunakan jika angin berlebihan dalam tubuh kita.

Dampak yang ditimbulkan jika kita masuk angin bisa menyebabkan badan kita pegal-pegal, kepala pusing dan yang paling berbahaya bisa menyebabkan kematian. 

Kita sering mendengar ketika ada istilah orang meninggal terkena angin duduk. Dengan waktu yang begitu cepat seseorang bisa meregang nyawa karena angin menghambat jantung untuk memompa darah kita. 

Jika hal ini terjadi, beberapa orang menyarankan kita harus mengoleskan minyak angin atau balsem ketubuh sebagai pertolongan pertama. Ada juga sebagian mengkonsumsi bawah putih mentah untuk mengeluarkan angin dalam tubuh kita. 

Hal ini bisa dilakukan jika saat situasi terdesak. Namun ke dokter menjadi hal yang paling utama dilakukan. Karena dokter lebih mengetahui secara jelas apa yang tepat dan yang dibutuhkan dalam menangani orang yang sakit.

Melatih pernafasan juga baik dilakukan. Dengan menghirup udara pagi dengan mengatur irama pernafasan bisa menstabilkan angin dalam tubuh kita.

Banyak di media sosial atau konten YouTube yang memberikan tutorial cara melatih pernafasan. Semakin baik sistem pernafasan kita maka tubuh kita akan jauh lebih bugar.

Pentingnya mengatur sirkulasi angin yang keluar dan masuk didalam tubuh menjadi satu hal yang penting. Agar bisa mencegah sesuatu yang berbahaya terjadi dalam tubuh kita.

Mari kita jaga kesehatan karena kesehatan itu mahal harganya. Salam sehat dan semangat literasi.


Day10NovAISEIWritingChallenge


1 komentar:

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

  BUDI IDRIS S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara Jurnal Refleksi Dwi tayangan Modul ...