Rabu, 16 November 2022

3.3.a.6 Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

 

3.3.a.6 Demonstrasi kontekstual Modul 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

BUDI IDRIS,

CGP ANGKATAN 5

ASAL SEKOLAH : SMA NEGERI 2 KOTAPINANG

KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN PROVINSI SUMATERA UTARA

 

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA. 

Dasar filosofi KHD

Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat)

DASAR FILOSOFI KHD

Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekaan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat)

POIN KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN

Beriman, bertakwa dan berakhlak mulia. Menumbuh kembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid untuk mengembangkan berbagai sikap- sikap positif yang merupakan pengejawantahan dari iman, ketakwaan dan akhlak mulia.

Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan oranglain, bekerja sama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas.

Berbhinekaan global. Menumbuh kembangkan kepemimpinan murid akan melatih murid untuk memiliki pemikiran dan wawasan yang luas dan terbuka.

KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN

Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinterkasi social secara positif, arif dan bijaksana, dimana murid akan menjunjung tinggi nilai- nilai social positif yang berbasis pada nilai- nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah.

PRAKARSA PERUBAHAN

Menguatkan interaksi social antara murid dan lingkungannya secara positif, arif dan bijaksana melalui program "latihan mingguan Karate"

TAHAPAN

PERTANYAAN

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN /KEPEMILIKAN MURID

ASET/KEKUATAN /SUMBERDAYA YANG DAPAT DI BERDAYAKAN PADA TAHAP INI

WAKTU YANG DIPERLUKAN

PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI

B-uat Pertanyaan utama

Bagaimana cara menggali, menyalurkan dan mengembangkan bakat dan minat murid di bidang seni bela diri di sekolah sekaligus mengembangkan kepemimpinan murid?

Mendiskusi bakat dan minat murid dengan kepala sekolah dan rekan guru

Melihat aset yang di miliki oleh sekolah

Melihat aset manusia yang di miliki oleh sekolah

Berdiskusi dengan murid tentang tindakan apa yang bisa dilakukan untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat seni bela diri mereka

Modal manusia (murid, guru dan pelatih bersertifikat)

Modal fisik (Lapangan latihan, peralatan latihan)

Modal financial (BOS)

1 minggu

Kepala sekolah, Guru pmbimbing, Bendahara BOS (CGP)

 

A-mbil Pelajaran

Aktivitas apa yang dapat menarik minat bakat seni bela diri murid selama ini?

Mana kebijakan sekolah yang telah mendukung peningkatan minat seni bela diri murid?

Observasi kegiatan latihan mingguan bela diri karate yang selama ini berjalan.

Memberikan pertanyaan- pertanyaan terbuka untuk menggali minat seni bela diri murid pada latihan mingguan karate.


Melakukan curah pendapat bersama murid yang mengikuti latihan Karate untuk mengetahui latihan yang telah berjalan selama ini.

Melakukan curah pendapat mengenai hal apa saja yang dapat menarik minat mereka dalam latihan Karate.

Modal manusia (murid, rekan guru)

1minggu

CGP

 

G-ali Mimpi

Bagaimana perasaan kami memiliki murid yang berprestasi dalam bela diri karate ?

Apa hal atau sumber daya yang dibayangkan akan tersedia untuk mempertahankan kegiatan latihan mingguan karate ini?

Mengajak rekan guru dan murid untuk membuat daftar harapan dan evaluasi mengenai perubahan yang terjadi sebelum dan setelah latihan mingguan karate rutin dilaksanakan

Mengikuti kegiatan pertandingan di luar sekolah dengan menampilkan hasil latihan karate di sekolah

Melakukan sesi berbagi bersama murid yang mengikuti latihan untuk saling melengkapi daftar harapan dan evaluasi dari terlaksananya kegiatan latihan mingguan karate ini

Modal manusia (murid dan rekan guru)

1 hari

CGP

 

J-abarkan rencana

 

Apa langkah paling sederhana yang bisa dilakukan?

Apa tindakan/Usaha yang mendukung murid untuk aktif dalam latihan mingguan karate ini?

Bagaimana mengukur kemajuan dan melanjutkan tindakan?

Mendiskusikan rancangan seperti jadwal pelaksanaan latihan, absen murid kepada pembimbing/Pembina karate di sekolah.

Mendata alat karate yang ada, yang bagus, dan yang kurang bagus.

Membuat catatan perkembangan dan evaluasi program.


Membuat kepengurusan program yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan penanggung jawab.

Mendiskusikan jadwal dan teknis pelaksanaan latihan mingguan karate

Modal manusia (murid, dan rekan guru)

Modal fisik (peralatan latihan)

Modal social (kolaborasi warga sekolah)

1 minggu

CGP

 

A-tur Eksekusi

 

Siapa saja yang saya libatkan dalam mewujudkan program ini?

Siapa yang bertanggung jawab memonitor agar latihan mingguan karate ini tetap selalu terlaksana setiap minggunya?

Menyusun tim pelaksana dari program latihan mingguan karate

Membuat SK tugas Tim pelaksana .

Menyusun jadwal pelaksanaan selama 1 semester.

Mengkoordinasikan pembagian tugas dalam kepengurusan pelaksanaan dari program latihan mingguan karate

Modal manusia (murid, rekan guru, dan kepala sekolah)

1 minggu

CGP

 

*** 

Demikian langkah-langkah tahapan BAGJA program latihan karate mingguan di SMA Negeri 2 Kotapinang saya buat, Semoga program positif yang berdampak pada murid dapat terlaksana, amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

  BUDI IDRIS S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara Jurnal Refleksi Dwi tayangan Modul ...