Senin, 23 November 2020

DUA TELINGA SATU LIDAH

 


Dua telinga dan satu lidah, jika kita perhatikan organ penting dalam tubuh kita, ada mata, hidung, telinga, mulut dan lainnya. Memiliki fungsi masing-masing yang satu sama lain saling berkaitan yang menjadi penopang penting kehidupan manusia.

Kita memiliki dua telinga yang berfungsi untuk mendengar terdiri dari telinga kanan dan telinga kiri. Kedua telinga ini jika salah satu saja rusak atau terganggu fungsinya maka akan sangat tidak nyaman bagi pemiliknya. Apa yang ingin kita dengar akan menjadi tidak sempurna jika salah satu telinga tidak berfungsi dengan baik.

Begitu juga lidah, sebagai indra perasa dan yang paling penting mengeluarkan suara untuk kita berbicara. Jika ini bermasalah akan sangat mengganggu dan menghambat komunikasi seseorang.

Dua telinga dan satu lidah, memiliki hikmah yang terkandung didalamnya kenapa Allah SWT menciptkan dua telinga dan satu  lidah kepada kita. Agar kita lebih banyak mendengar dan sedikit bicara.

Banyak mendengar akan menjadikan pribadi yang baik dalam diri kita. Dengan banyak mendengar memunculkan pemahaman-pemahaman yang baru dan menghalangi kita untuk berbuat yang tidak baik. Karena mendengar itu penting maka dua telinga diciptakan agar kita mendengar dan menyerap apa yang kita dengar dengan baik.

Begitu juga lidah dalam berbicara, terkadang jika kita tidak bisa menjaga lisan kita dari perkataan yang tidak baik, bisa menjadikan lidah kita lebih tajam dari pedang. Dalam artian apa yang kita omongkan kalau kita tidak hati-hati bisa melukai perasaan orang lain dan dampaknya sangat berbahaya.

Maka mari kita lebih banyak mendengar dari pada berbicara. Banyak mendengar menyerap hal-hal yang baik saja akan membuat lisan kita mengeluarkan kata-kata yang baik pula. Hal ini akan membuat kita menjadi pribadi yang baik yang disenangi orang lain. terus semangat salam literasi.

 

#Day18NovAISEIWritingChallenge

 

1 komentar:

  1. Mantap 👍 benar pak 👋 subhanallah. Tdk ada yang diciptakan tanpa tujuan dan makna 👍

    BalasHapus

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

  BUDI IDRIS S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara Jurnal Refleksi Dwi tayangan Modul ...