Senin, 23 November 2020

PRIBADI YANG BERNILAI



Pribadi yang bernilai, pribadi yang selalu menjaga harga diri dari hal-hal yang tidak baik. Seseorang yang terus menjaga harga diri akan memiliki kepercayaan diri. Namun jika kita tidak memiliki harga diri maka jangan harap kita punya kepercayaan diri.

Jika kita melihat uang pecahan lima puluh ribu berwarana biru. Jika uang tersebut jatuh ke parit yang kotor dan kita ambil kembali kita gunakan untuk membeli kira-kira yang punya jualan mau tidak menerimanya?. Kita sepakat pasti mau, begitu juga jika uang lima puluh ribu tadi jatuh ke kotoran kita di kamar mandi saat buang air besar. Apakah uang tersebut kita buang? Atau kita tinggalkan bersama kotoran, tentunya tidak. Pasti uang tersebut kita ambil dan kita bersihkan.

Kenapa bisa demikian karena uang tersebut memiliki nilai intrinsik atau nilai yang terkandung didalam uang tersebut.

Begitu jugalah hendaknya seseorang terus menjaga nilai dirinya. Sehingga dimanapun dia berada mau ditempat yang baik atau tidak dia terus menjadi pribadi yang baik. Yang terus bernilai dimata orang lain.

Menjaga nilai diri erat kaitannya dengan menjaga harga diri. Harga diri yang terbaik tidak bisa di ukur dengan uang. Jangan pernah menggadaikan harga diri kita dengan sejumlah uang, dan jangan pula jadikan harga diri kita memiliki kadar dalam nilai tertentu. Misalnya jika kita menemukan uang sepuluh ribu kita akan menanyakan uang siapa ini. Tapi jika uang yang kita temukan seratus ribu kita diam dan akan menganggap uang itu hak milik kita. Kalau hal ini terjadi maka harga diri kita Cuma bernilai seratus ribu saja.

Maka jadilah pribadi yang terus menjaga harga diri, supaya meningkatkan kepercayaan diri kita. Kepercayaan diri yang tinggi mencerminkan pribadi seseorang yang bernilai tinggi. Yang tidak bisa di ukur dengan nominal berapapun.

Terimakasih terus semangat, salam literasi. 

 

#Day19NovAISEIWritingChallenge

 


9 komentar:

  1. Waktu itu Bapak saya pernah memberitahukan hal seperti yang bapak Idris tulis.
    Namun uang yang digunakan saat itu pecahan 1000 rupiah

    BalasHapus
  2. Kalau gada orang dapat duit sayang gak diambil pak😄

    BalasHapus
  3. Setuju pak...harga diri tak bisa dinilai dg uang, tapi banyak orang yg menjual harga diri demi uang

    BalasHapus
  4. Tulisan yang inspiratif Pak Budi..
    Salam kenal. .

    BalasHapus
  5. Setuju Pak
    Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa menjaga harga diri

    BalasHapus
  6. Kalau yg jatuh uang palsu,,,, sukses ya p guru budi

    BalasHapus

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

  BUDI IDRIS S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara Jurnal Refleksi Dwi tayangan Modul ...