Minggu, 06 Desember 2020

ADAB LEBIH TINGGI DARI ILMU



Disekitar tempat saya tinggal banyak lulusan sarjana tapi tidak bekerja, ada juga lulusan Sekolah Dasar tapi bisa jadi pengusaha sukses. Apa sebenarnya yang salah pendidikan tinggi tidak berbanding lurus dengan rezeki.

Jika ada yang mengalami atau melihat sama seperti kasus diatas, sekolah tinggi tapi pengangguran. Mari coba di lihat kembali bagaimana adab tingkah laku orang tersebut saat mengenyam pendidikan. 

Terkadang pintar saja tidak cukup untuk menghantarkan seseorang untuk jadi sukses. Diperlukan adab atau akhlak yang baik untuk untuk meraih cita-cita. 

Orang yang tidak beradab mungkin saat belajar sering membuat gurunya tersinggung atau sakit hati maka ilmu yang dia pelajari dicabut keberkahannya oleh Allah SWT.

Ilmu tanpa keberkahan inilah yang memunculkan sekolah tinggi namun sulit mendapat pekerjaan. 

Didalam Pancasila sila kedua tegas mengatakan, kemanusiaan yang adil dan beradab. Menjadi pribadi yang beradab menjadi cita-cita pendiri bangsa yang tertuang didalam Pancasila.

Apalah artinya gelar yang tinggi, jika sopan santun tidak dimiliki. Sering kita lihat dalam acara televisi sering terjadi perdebatan yang terkadang tidak baik untuk dipertontonkan.

Seolah-olah saat ini manusia itu sudah seperti malaikat, bicara seperti tidak pernah berbuat dosa. 

Jadi agar bangsa ini kedepannya semakin baik, mari kita amalkan nilai-nilai Pancasila, salah satunya menjadi manusia yang beradab.

#Day12DesAISEIWritingChallenge

 


12 komentar:

  1. Betul baanget bang....sama juga diwilayahku.dimana2 hanya orientasinya pada duit.kerja dianggap ngak penting, asal jadi ja.

    umbukuta.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Setuju sekali nilai2 Pancasila hrs dibumikan lagi

    BalasHapus
  3. Ayo kita bumikan nilai-nilai Pancasila.. Kereeen

    BalasHapus
  4. Luar biasa, saya sependapat. Memang betul orang yang beradab segala sesuatunya selalu di mudahkan. Banyak juga orang yang suka dan sayang sama orang yang beradab. Ketimbang orang yang pintar tapi sombong.

    BalasHapus
  5. Luar biasa,,, orang yg beradab akan lebih disegani di masyarakat

    BalasHapus
  6. Mantappp... betul banget. kayaknya menarik kalau kita diskusi tentang mendidik dan mengajar.

    BalasHapus
  7. Sepakat, dengan adab dulu baru ilmu

    BalasHapus
  8. Benar' apa yang BPK ulas dalam tulisan sederhana namun sarat akan makna 👍

    BalasHapus
  9. Orang biasa tp beradab memang lebih d senangi ketimbang orang pintar namun tak beradab...👍

    BalasHapus
  10. Setuju Pa..Jaman sekarang nilai2 Pancasila sudah mulai menghilang di kalangan para remaja.

    BalasHapus
  11. setuju sekali,krn krn keberkahan ilmu bisa diperoleh mulai kita sekolah.makanya marilah kuta hormati guru serta ortu yg telah membesarkan dan mendidik kita

    BalasHapus

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

  BUDI IDRIS S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara Jurnal Refleksi Dwi tayangan Modul ...