Selasa, 15 Desember 2020

PENTINGNYA MUSYAWARAH

 




Dalam kehidupan kita sehari-hari, terkadang banyak persoalan yang silih berganti yang terus menerus akan tetap ada seiring bergulirnya waktu.

Saat ini bermusyawarah menjadi barang langka yang amat sulit dilakukan. Sehingga rawan terjadi perpecahan di segala sendi kehidupan bangsa kita.

Mengatasi setiap persoalan lain orang lain pula cara yang dilakukan dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Kita sebagai rakyat Indonesia atau warga negara Indonesia patut banyak bersyukur karena Sebagai bangsa yang besar bangsa indonesia sudah memiliki pedoman dalam menyelesaikan persoalan.

Musyawarah yaitu kegiatan berkumpul dan berbicara mencari jalan terbaik untuk mencari jalan keluar dalam setiap persoalan yang melibatkan orang banyak. Dengan musyawarah jalan terbaik akan ditemui dan tidak akan ada yang tersakiti saat keputusan sudah diambil.

Musyawarah menjadi pedoman dalam pengamalan nilai-nilai pancasila tepatnya pada sila ketiga persatuan Indonesia. Dalam butir-butir pancasila sila ketiga musyawarah menjadi salah satu pengamalan dalam mengambil setiap keputusan.

Jauh sebelumnya tokoh-tokoh bangsa kita dalam merumuskan pancasila melakukan sidang yang lebih tepatnya bermusyawarah untuk menentukan bagaimana arah bangsa ini kedepannya. Jadi musyawarah sudah menjadi tradisi dalam kehidupan berbangsa di negara kita.

Saat ini apapun persoalan yang terjadi sebaiknya diselesaikan dengan bermusyawarah kalau ini bisa dilakukan maka tidak ada lagi keributan didalam rumah tangga, dalam lingkungan masyarakat dan yang paling besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.  

Mari kita budayakan kembali bermusyawarah, agar cita-cita bangsa menjadi sebuah kenyataan. Bangsa yang cerdas dalam kemakmuran.


Day12DesAISEIWritingChallenge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

  BUDI IDRIS S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara Jurnal Refleksi Dwi tayangan Modul ...