Selasa, 15 Desember 2020

Gotong Royong


 

Gotong royong adalah istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama demi mencapai suatu hasil yang diinginkan. Jadi, gotong royong merupakan kegiatan yang dilakukan secara bersama dan bersifat suka rela dengan tujuan untuk memperlancar suatu pekerjaan agar menjadi mudah dan ringan.

zaman dahulu gotong royong dilakukan sering dilakukan dalam berbagai kegiatan, seperti membersihkan lingkungan, membangun fasilitas umum seperti jalan, membangung tempat ibadah.

terkadang juga gotong royong dilakukan saat acara pesta didalam masyarakat. terjadi saling bantu untuk membantu tetangga yang memiliki hajatan. hal ini dilakukan semuanya tanpa dibayar atau suka rela.

namun saat ini sudah sulit kita temukan tradisi gotong royong. semuanya serba ingin dibayar dan terkadang kita saat mengundang orang untuk melakukan kerja sukarela banyak yang tidak mau datang.

pergeseran nilai-nilai kehidupan dari yang peduli menjadi tidak peduli sudah terjadi saat ini. padahal bangsa kita memiliki landasan pedoman dalam kehidupan yaitu pancasila yang terdapat dalam butir-butir pancasila yang bisa kita jadikan pedoman dalam menjalani kehidupan.

generasi saat ini harus kembali kita kenalkan dengan kebudayaan yang sudah diajarkan oleh nenek moyang kita yaitu gotong royong. dan dalam setiap upacara formal sering kita mendengar mengucapkan pancasila hal ini bertujuan agar kita tidak terlepas dari nilai-nilai pancasila. 

nilai-nilai pancasila sudah dilakukan sejak dahulu nenek moyang kita, bahkan gotong royong dalam sejarah Indonesia sudah mencatat bagaimana merebut kemerdekaan semangat gotong royong menjadi landasan perjuangan bangsa.

mengenalkan kembali tradisi gotong royong kepada generasi bangsa bisa kita mulai dari hal yang kecil-kecil salah satunya membersihkan lingkungan.

jika gotong royong bisa kita hadirkan kembali dalam pemikiran dan perbuatan generasi bangsa maka bangsa Indonesia dengan segudang persoalan saat ini akan sangat mudah untuk diatasi.

dan pada akhirnya rasa kerjasama yang baik dengan sendirinya akan terbangun dalam masyarakat Indonesia. dan bangsa yang besar bukan hanya menjadi slogan tapi pada waktunya akan menjadi kenyataan.


Day14DesAISEIWritingChallenge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

  BUDI IDRIS S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara Jurnal Refleksi Dwi tayangan Modul ...