Minggu, 06 Desember 2020

PENTINGNYA SALING MENGHARGAI

Generasi hebat yang selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila adalah generasi impian untuk generasi penerus bangsa Indonesia dimasa depan.

Generasi yang peduli Hak Asasi Manusia (HAM) adalah wujud nyata generasi yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Peduli terhadap HAM bisa diwujudkan dengan berbagai cara salah satunya dengan menghargai orang lain.

Menghargai orang lain adalah suatu hal yang wajib kita lakukan karena setiap manusia sama dihadapan sang pencipta Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam menjalani kehidupan perbedaan cara hidup seseorang tidak bisa dilepaskan ada yang beruntung hidup dalam kecukupan, ada yang kurang beruntung hidup dalam kekurangan.

Ada yang jadi bos adapula yang jadi bawahan, semua perbedaan ini terkadang memunculkan sikap-sikap pelanggaran terhadap hak asasi manusia.

Orang kaya terkadang memperkerjakan orang lain dengan tidak ada rasa kemanusiaan. Karena orang lain butuh uang diberlakukan dengan sesuka hatinya. Jika salah makian menjadi hal yang biasa.

Seorang bos juga terkadang memberlakukan pekerjanya sesuka hatinya. Sering kita lihat bos tidak pernah salah, selalu benar dalam segala perbuatannya.

Dalam pergaulan anak remaja sering juga terjadi membedabedakan teman dalam pergaulan. Jika dia orang kaya tidak mau berteman dengan orang miskin. Bahkan ada juga anak orang kaya sering mengejek anak orang miskin.

Hal itu semua harus dihilangkan dalam pemikiran setiap orang. Mulailah dengan saling menghargai karena seseorang tidak dinilai dari berapa banyak hartanya tapi lebih kepada seberapa baik akhlaknya

Hargailah orang lain agar diri kita dihargai. Memandang sama derajat kita dengan orang lain bisa mencegah kita dari hal-hal yang melukai perasaan orang lain.

Akhirnya generasi hebat adalah generasi yang menghargai orang lain seperti dia menghargai dirinya sendiri.

#Day14DesAISEIWritingChallenge

8 komentar:

  1. Keren pak..contoh yg lebih parah pengguna jasa taxi online..cmn bayar gak seberapa...lagaknya sdh seperti yg punya mobil😁

    BalasHapus
  2. Betuul, menghargai orang lain merupakan karakter yang harus kita tanamkan kepada anak didik kita.. bagus tulisanx pak..

    BalasHapus
  3. Literasi Karakter yang patut dibaca oleh kita semua.
    Semakin banyak karya seperti Pak Budi, apalagi tingkat buyaya baca semakin terbangun, yakinlah tingkat toleransi antar sesama semakin tinggi.
    Karena kita lahir sama-sama jadi manusia.
    Selamat Pak Budi , ngus karyanya lanjutkan.
    Salam dari Bli Made, Bali

    BalasHapus

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

  BUDI IDRIS S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara Jurnal Refleksi Dwi tayangan Modul ...