Senin, 23 November 2020

PRIBADI SEPERTI LEBAH

 


Belajar dari  lebah, mungkin kita sudah sering mendengar keistimewaan lebah. Salah satu hewan yang disebut didalam Alqur’an tepatnya di surat An-Nahl. Dan lebah juga memproduksi madu yang memiliki manfaat yang luar biasa.

Begitu hebatnya lebah ini, jika kita perhatikan banyak hal yang bisa kita jadikan pelajaran dari kehidupan lebah seperti berikut ini :

1.     Lebah Hidup berkoloni

Lebah akan senantiasa hidup berkumpul atau berkoloni hal ini mencerminkan lebah selalu menjaga persatuan dan terus menjaga hubungan baik satu sama lain. suatu pembelajaran yang bisa kita ambil mari hidup saling berdampingan dan terus menjaga persatuan. Tidak mudah berselisih faham baik dalam hidup berkeluarga maupun bertetangga.

2.     Lebah makan yang baik mengeluarkan yang baik

Kehidupan lebah selanjutnya, lebah akan selalu singgah di bunga yang harum dan akan menghisap sari-sari bunga yang baik, kemudian akan mengeluarkan yang baik pula berbentuk madu. Pelajaran yang bisa kita ambil mari kita selalu berkumpul dilingkungan yang baik-baik, makan hasil kerja yang halal atau yang baik, dan berbicara selalu yang baik pula. Berkumpul dengan orang yang baik, berbicara yang baik-baik menjadi pelajaran yang bisa kita ambil dari lebah.

3.     Jangan buat marah lebah

Lebah jika diganggu atau akan mengadakan perlawanan yang sangat dasyat secara keseluruhan akan menyerang yang mengganggu mereka. Bisa yang ditimbulkan dari gigitan lebah kadang menyebabkan sesuatau hal yang berbahaya. Pelajaran yang bisa kita ambil mari kita jadikan diri kita pribadi yang tangguh yang tidak mau membuat kerusuhan namun kita selalu siap jika ada yang coba-coba ingin mengganggu kehidupan kita. Demikian juga jika tempat kita hidup atau tempat kita bernaung seperti negara kita dihina oleh orang lain. kita selalu siap untuk membela negera kita dengan bersama-sama dengan kekuatan yang sangat dasyat.

Demikian pelajaran yang bisa kita ambil dari lebah, mudah-mudahan kita terus berupaya menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.

#Day16NovAISEIWritingChallenge

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

  BUDI IDRIS S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara Jurnal Refleksi Dwi tayangan Modul ...