Sabtu, 29 Oktober 2022

Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2 Analisis Tayangan Video Praktek BAGJA

 

Ditulis Oleh : Budi Idris S.Pd

Asal Sekolah : SMA Negeri 2 Kotapinang

Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Labuhanbatu Selatan


Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

Visi dari sekolah guru tersebut mengabdi adalah terciptanya lingkungan belajar yang menyenangkan

Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru tersebut adalah menciptakan lingkungan belajar yang nyaman untuk peserta didik untuk meningkatkan minat pelajar murid

Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

Pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru tersebut adalah "Bagaimana cara menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan?"

Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan BAGJA:

B (Buat Pertanyaan Utama)

Pada bagian ini dimana guru tersebut memberikan sebuah pertanyaan tentang "penyemangat belajar"

A (Ambil Pelajaran)

Pada bagian Ambil Pelajaran dimana guru menyuruh peserta didik untuk mengunjungi kelas lain dan mengamati suasana kelas tersebut, setelah itu dilanjutkan dengan melakukan diskusi

G (Gali Mimpi)

Guru tersebut menyuruh peserta didik membayangkan suasana kelas impian mereka, setelah itu siswa membuat sketsa tentang suasana kelas impian dan kemudian mempresentasikan di depan kelas oleh masing-masing kelompok

J (Jabarkan Rencana)

Pada bagian ini, guru Bersama peserta didik membuat daftar hal apa yang harus dilakukan, selanjutnya di lakukan pembagian tugas yang akan dikerjakan oleh setiap kelompok

A (Atur Eksekusi)

Dibagian akhir adalah setiap kelompok mengerjakan tugas yang telah diberikan yaitu menata ruang kelas agar lebih menarik agar siswa lebih bersemangat lagi dalam belajar

Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

Peran pemimpin yang tergambar dari tayangan video tersebut adalah dimana seorang guru mampu memberdayakan kemampuan peserta didik dalam hal menganalisa, menggambar dan bercerita, selain itu guru tersebtu mampu mengelolah kelas dengan baik dan menciptakan suasana belajar yang aktif dan kreatif.

Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

Modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam video tersebut adalah kreativitas peserta didik hal ini terlihat dimana peserta didik mampu membuat sketsa kelas impian, dan membuat hiasan dinding, semangat peserta didik hal ini terlihat dimana peserta didik antusias dalam membenahi kelas mereka dan dalam hal sarana dan prasarana terlihat bahwa sudah ada kelas yang lain yang sudah

memiliki ruangan yang nyaman sehingga bisa dijadikan sebagai inspirasi peserta didiknya, terlihat juga dalam video tersebut dengan memanfaatkan meja yang tidak terpakai yang kemudian dijadikan sebgai tempat buku, selanjutnya adalah tersedianya dinding yang masih kosong yang nantinya akan ditempelkan hiasan hasil kreativitas peserta didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

  BUDI IDRIS S.Pd, Calon Guru Penggerak Angkatan 5 Kabupaten Labuhanbatu Selatan Provinsi Sumatera Utara Jurnal Refleksi Dwi tayangan Modul ...